Thursday, July 19, 2018

Hindari Kesalahan Ini Saat Kredit Motor


Sepeda motor merupakan pilihan utama bagi masyarakat terutamanya di kota besar. Hal ini dijelaskan dari membeludaknya jumlah sepeda motor yang ada di kota besar seperti Jakarta saat ini. Tak cuma itu, pengerjaan pengajuan kredit motor yang gampang juga menjadi daya tarik yang mendorong masyarakat untuk mempunyai sepeda motor. Untuk mengajukan kredit, Anda cuma patut mempunyai data-data yang komplit dan penghasilan bulanan konsisten. Padahal cara kerjanya gampang, tapi Anda patut berhati-hati saat kredit motor, sebab apabila Anda melakukan kekeliruan, dapat jadi merugikan Anda nantinya. Inilah kekeliruan saat kredit motor yang patut Anda hindari.


1. Tak Menghitung Keuangan Sendiri

Sebelum menentukan untuk melakukan kredit motor, Anda patut menghitung dengan seksama besaran uang muka, angsuran per bulan dan sempurna pembayarannya nanti. Hal ini patut Anda lakukan untuk menghindari Anda dari salah hitung yang dapat membuat Anda bahkan terlilit hutang di kemudian hari. Perhitungan yang ideal untuk angsuran merupakan 30% dari gaji, jadi apabila besar angsuran Anda melebihi jauh dari 30% gaji Anda, sebaiknya tunda atau ganti pilihan motor Anda. Karena sekali Anda melakukan kekeliruan dalam tahap ini, maka akan berpengaruh panjang pada keuangan Anda.

2. Pilih Perusahaan Leasing Palsu

Ramainya permintaan orang untuk kredit motor mendorong munculnya banyak perusahaan leasing. Masing-masing perusahaan kredit bertanding-perlombaan untuk memberikan kemudahan pada pembelinya, seperti dana kredit yang cepat cair, uang muka murah, bunga rendah, dan tenor pinjaman yang lama. Tetapi, jangan gampang termakan sama itu segala!. Anda patut teliti dalam memilih perusahaan leasing. Cari tahu dengan seksama kredibilitas perusahaan itu, akan lebih bagus apabila Anda memilih perusahaan leasing yang teregistrasi di Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI). Selain itu, pilihlah lebih dari satu perusahaan leasing yang punya reputasi bagus dan punya banyak kantor cabang. Lakukan perbandingan harga dan pilihlah yang paling menguntungkan untuk Anda.

3. Memilih Bentang Waktu Kredit Yang Paling Panjang

Persaingan yang ketat dengan perusahaan leasing kredit motor lainnya, membuat banyak perusahaan leasing memberikan program yang menonjol meringankan beban pembelinya. Metode yang kerap kali dilaksanakan merupakan memberikan penawaran uang muka yang rendah serta jangka waktu angsuran yang betul-betul panjang sehingga biaya angsurannya jadi kecil. Sekilas tentu saja ini akan betul-betul menggiurkan, sebab pengerjaan pembayarannya jadi tidak berasa. Tetapi sebetulnya hal ini dapat merugikan Anda di kemudian hari. Padahal angsurannya ringan, tapi bunganya jadi lebih banyak dan hutang Anda jadi kian banyak. Jadi yang perlu Anda perhatikan merupakan besaran bunganya, bukan berapa ringan besar angsurannya. Usahakan pilih jangka waktu kredit yang tidak terlalu lama ya.

4. Tak Mengamati Tanggal Pembayaran

Pembayaran angsuran kredit motor bulanan patut dilaksanakan sebelum atau pada saat tanggal pembayaran yang telah Anda tentukan di awal. Jangan hingga Anda telat membayar angsuran bulanan sebab setiap keterlambatan membayar akan dikenakan denda. Tentunya biaya denda ini akan membuat hutang Anda kian besar. Jadi betul-betul penting untuk melihat kapan Anda patut membayar angsuran bulanan dan cari tahu terutamanya dahulu berapa besar biaya denda apabila terjadi keterlambatan.

5. Tak Menggunakan Asuransi

Produk asuransi kredit motor kadang kala disampingkan oleh pemilik motor, sebab merasa tidak penting dan bahkan menambah pengeluaran saja. Tetapi dengan mempunyai asuransi untuk motor Anda, sebetulnya akan memberikan keuntungan bagi Anda sendiri apabila terjadi bencana atau sesuatu hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan dan kecelakaan. Biaya yang patut Anda keluarkan menjadi lebih kecil apabila Anda terkena bencana apabila Anda mempunyai asuransi motor.

No comments:

Post a Comment

Indahnya Senja Di Wisata Pantai Anyer Yang Melegenda

Pantai Anyer merupakan wisata andalan yang dimiliki Provinsi Banten. Destinasi wisata ini berhasil menarik banyak wisatawan untuk berkun...